Sabtu, 12 Januari 2013

Mengenal mesin penjelajah Mars buatan NASA, Curiosity Rover





Pada bulan agustus 2012, menjadi saat dimana paling menegangkan bagi karyawan NASA yang bertugas di ruang kontrol, di saat mereka menyaksikan Coriusity Rover mendaratkan kakinya dengan aman pada permukaan tanah Mars utnuk pertama kalinya.

Tugas pertama Curiosity rover akan berkeliling kawah Gale dalam misi untuk mencari sesuatu dan menentukan apakah Mars dahulunya pernah di huni suatu makhluk. Infromasi dari Curiosity rover akan menjadi dasar bagi misi tanpa awak ke planet merah tersebut.

Curiosity - yang telah diasumsikan kepribadian wanita di jaringan sosial NASA - berbeda dengan penjelajah lain yang pernah mendarat di Mars.

Curiosity dengan memiliki panjang 10 kaki dan tinggi 7 kaki, lima kali lebih berat dari pendahulunya Spirit dan Oppurtunity, penjelajah yang diluncurkan Nasa pada tahun 2003.

Dengan bandrol harga 2,5 miliar, Curiosity dilengkapi dengan alat yang super canggih yang memungkin kan dia menjelajah Mars dengan baik.]


Curiosity dilengkapi dengan 17 jenis kamera untuk memotret gambar yang akan dikirim ke bumi (hitam putih) dan (warna) disertai video kualitas terbaik.

Selanjutnya pada Curiosity rover memiliki  Mars Lens hand Imager, yang menangkap gambar yang sangat spesifik dari hal-hal seperti tanah, batu dan es. Kamera ini dipasang Dipasang di lengan Curiosity itu sendiri, kamera ini begitu canggih sehingga dapat mengungkapkan rincian bahan yang lebih kecil dari rambut manusia. Curiosity juga telah menggunakan kamera ini untuk mengambil potret yang luar biasa di planet Mars.
Diciptakan layaknya seperti fungsi mata manusia, kamera selanjutnya dari Coriosity dapat berfungsi mengambil foto berwarna dan juga video di daerah sekitarnya. Kamera ini merekam apa yang dilihat oleh coriosity pada saat itu. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Azima's blog♔ Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang